Arduino Uno ATMega328 DIP Chip dan SMD Chip. Bagusan Mana?

Halo kawan muwah..

Admin MojoGantz disini, selalu menemani bacaan disaat bingunmu.

Pernah kepikiran gak, ketika beli arduino kok banyak pilihannya seperti Arduino Clone, Arduino Clone R3, Arduino Ori, Arduino SMD, Arduino DIP dan macem-macem jenis keluarga se-keturunannya.

Dari sini, bukannya tugas proyek elektronika selesai malah bingung mau beli yang mana. Pada kesempatan kali ini, admin bakal bantu njelasin perbedaan dari arduino yang paling sering dipakai yaitu Arduino UNO DIP dan Arduino UNO SMD

Arduino UNO DIP dan SMD (Dikutip dari fungkynotes.blogspot.com)

Dimulai dari sejarahnya dulu. dari arduino sendiri, mereka memiliki berbagai jenis mikrokontroller yang sudah dikembangkan seperti arduino UNO, Arduino Mega, Arduino Nano dan sebagainya. Seri arduino yang paling sering digunakan untuk belajar mikrokontroller bagi pemula adalah seri arduino UNO.

Hal ini disebabkan karena dari arduino UNO tersebut, memiliki cukup banyak fungsi atau fitur yang terdapat didalamnya seperti banyaknya pin sebagai dasar pembelajaran mikrokontroller antara lain untuk komunikasi serial, I2C, SPI ADC (Analog Digital Converter), PWM (Pulse Width Modulation) dan fitur-fitur lainnya. Namun diantara kelebihan dari arduino UNO tersebut, pastinya juga terdapat kelemahan yaitu tidak memiliki jumlah pin sebanyak Arduino Mega, dan kecepatan clock serta fitur programming di arduino Leonardo.

Pihak dari Arduino sendiri telah menggunakan 2 (dua) buah versi untuk Arduino UNO yaitu arduino UNO versi mikrokontroller ATmega 328 tipe DIP (Dual-Inline Package) dan versi ATmega328 tipe SMD (Surface Mounted Device). kedua buah IC tersebut masih dalam satu pabrikan yaitu dari ATmel yang merupakan salah satu perusahaan besar pada bidang IC dan penggunaan seri DIP ataupun SMD tidak hanya digunakan pada seri Orisinil saja, namun juga digunakan pada Arduino UNO tiruan atau yang di pasaran dijual dengan nama Arduino UNO Clone.

Berikut penjelasan singkat, dari tipe Chip pada arduino UNO DIP (Dual-Inline Package) dan Chip Tipe SMD (Surface Mounted Device).

  1. DIP (Dual-Inline Package)

Tipe DIP merupakan tipe Arduino UNO yang paling sering umum digunakan dan ditemukan dipasaran. Chip dari arduino tipe DIP ini dipasang pada suatu soket untuk memudahkan pengguna melakukan penggantian ketika terjadi kesalahan atau kerusakan pada IC tersebut. Arduino UNO tipe DIP ini juga memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi dan bahkan juga banyak ditemukan tipe-tipe arduino mirip, serupa yaitu versi tiruannya. Hal tersebut dikarenakan peminat dari tipe DIP ini cukup banyak karena kemudahannya untuk dibongkar pasang.

Arduino tipe DIP ini sangat cocok untuk para pengguna ataupun para professional yang ingin melakukan percobaan atau projek mengenai mikrokontroller. pada IC ATmega ini mempunyai batasan upload pada datasheet yaitu sekitar 10.000 Flash/100.000 EEPROM yang lebih dari cukup untuk sekedar proyek ringan atau tugas sekolah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *